Ads 468x60px

Kamis, 27 Oktober 2011

Tips Membeli Mobil Bekas

by : herman automotive _>>>>>



Tips berikut ini berdasar pengalaman pribadi dan hasil searching di forum-forum otomotif dan internet. Saya share siapa tahu berguna bagi rekan2 yang ingin membeli mobil, khususnya mobil bekas.
Berbeda dengan membeli mobil baru yang masih digaransi oleh dealer/showroom, membeli mobil bekas membutuhkan ketelitian, karena jika kita kurang teliti, maka akan bisa muncul biaya-biaya tambahan lain untuk membenahi mobil tersebut hingga benar2 siap kita pakai.
Berikut tips membeli mobil bekas :
  1. Sebelumnya anda sudah harus tahu tipe mobil apa yang anda inginkan, apakah anda membutuhkan mobil Sedan dengan kapasitas 5 orang ataukah anda menginginkan Family Car yang berkapasitas lebih besar. Penentuan tipe mobil yang akan kita beli ini penting untuk memfokuskan mobil bekas yang akan kita cari.
  2. Setelah anda menentukan tipe mobil yang ingin anda beli, anda harus tahu kira-kira harga pasaran mobil tersebut. Harga pasaran bisa anda cari dengan rajin membuka iklan baris di koran maupun anda browsing ke situs2 yang menyediakan bursa jual beli mobil bekas.
  3. Harus di ingat, membeli mobil bekas bisa juga membeli problem orang lain. Pastikan Anda mengetahui sejarah mobil ini termasuk perawatannya. Hal ini bisa diketahui dari kartu perawatan mobil. Gali informasi sedetail mungkin termasuk apakah pernah tenggelam, kecelakaan, turun mesin dll. Sebelum memutuskan untuk membelinya, mintalah mekanik ahli untuk memeriksanya.
  4. Test drive itu penting. Usahakan Anda mendapat kesempatan melakukan test drive sejauh mungkin dengan aneka variasi jalan. Bisa juga mencoba ke daerah dimana mobil itu akan sering digunakan.
  5. Cek Fisik Kendaraan merupakan hal yang paling penting dalam anda mencari mobil bekas, berikut beberapa bagian fisik kendaraan yang perlu anda teliti :
    • Body, diusahakan memilih yang masih utuh, artinya blum kropos, nat-nat body masih lurus, nut=lekukan body mobil, kaleng/blum ada dempul yang melekat, dan kalo bisa orisinil cat) kalo menurut saya seh, mending mobil cat nya abis (mbladus) tapi orisinil, dari pada yang masih mengkilap tapi cat ulang+dempul tebal. nah knapa saya bilang dempul tebal kurang baek?? karena dempul bisa merubah nut yg kurang lurus menjadi sempurna. Kita pasti ndak tau apa di balik dempul itu, entah abis penyok, tabrakan dll.
    • Mesin, diusahakan nyari mesin yang kering (belum ada tetesan OLie/olie yg keluar dari perpak) kalo ada yg rembesan oli, brarti kita harus turun mesin ganti packing tuh, dan nyari mesin yg halus (dalam artian kondisi ndak rusak) metal jalan, seker harus dicek. Untuk memastikan cukup geber mesin mobil dan liat aja dibagian knalpot kluar asap ndak?? Buka tutup mesin dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran. Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator. Periksa juga tanda-tanda kerusakan karena air. Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor. Demikian pula jarak pandang dan daya pancar lampu utama. Hal itu bisa dilakukan saat test drive. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 80 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga smooth.
    • Kaki-kaki, test dulu mobil untuk jalan, untuk belok full stir. Misalkan ada bunyi kletek-kletek, berarti ada yang tidak sehat di kaki2 mobil tersebut, khususnya bagian Kokel/Drive Shaft yang harus jadi perhatian, karena sering kali rusak dan harga part-nya juga cukup mahal.
    • Odometer, sudah berapa kilometer-kah berjalan, tetapi jangan percaya begitu saja, karena odometer dapat diset ulang, nah ini yang seringkali kita tertipu, biasanya untuk melihat hal itu tidakterlalu susah, anda dapat melihat tahun kendaraan, dan dapat diperkirakan kalau kendaran ini sudah lari berapa Km, dan juga, kendaraan ini dulunya berfungsi sebagai apa, mobil angkut barang, antar jemput,dsb. Dari situ anda dapat menyimpulkan kondisi kendaran tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar